IAI Al-Qolam memberikan banyak apresiasi kepada para mahasiswa yang hafal Al-Qur’an. Salah satunya adalah memberikan beasiswa pendidikan gratis bagi mereka tanpa dibatasi oleh kuota. Seluruh mahasiswa IAI Al-Qolam yang terdaftar sebagai penghafal Al-Quran, maka seluruhnya merupakan penerima beasiswa pendidikan jalur tahfidz. Dalam beberapa kesempatan, beberapa mahasiswa yang memang memiliki latar belakang pesantren, maka dalam dirinya masih berakar kuat berbagai macam kegiatan kepesantrenan. Salah satunya adalah muroja’ah bersama atau kegiatan sima’an. Sima’an Al-Quran ini pada awalnya dilaksanakan berdasarkan persetujuan para penerima beasiswa tahfidz yang tujuannya tidak lain hanya untuk menjaga hafalan Al-Quran.

Kegiatan positif ini berjalan lancar dan mulai istiqomah dilakukan oleh beberapa mahasiswa penerima beasiswa tahfidz tersebut. Setelah kegiatan sima’an berjalan beberapa kali tersebut ada salah satu anggota beasiswa tahfidz yang menginginkan perkumpulan ini untuk dijadikan UKM (unit kegiatan mahasiswa) yang resmi.

Dan dengan terlaksananya pula beberapa rapat dan pertimbangan dari anggota, akhirnya perwakilan dari anggota segera memberanikan diri untuk menyampaikan pendapat serta meminta izin kepada ibu Badriyah selaku penanggung jawab beasiswa tahfidz, dan beliau langsung menyetujui.

Dengan persetujuan dari ibu Badriyah, anggota segera mencari nama untuk ukm tahfidz Al-Quran ini. Dan dengan bantuan bapak Syeikh Assegaf akhirnya lahirlah nama “HAI’AH ADZ-DZIKR”.

Tanpa persiapan panjang, UKM ini segera diresmikan pada tanggal 27 April 2018 yang dalam pelaksanaannya, diadakan juga seminar Al-Qur’an. Acara peresmian dihadiri oleh Rektor dan banyak anggota rektorat lain. Dan dihadiri pula oleh istri dari ketua yayasan Al-Qolam ibu Nyai Hj. Mar’atul Mahmudah. Acara peresmian disahkan dengan acara potong pita dan serah terima simbolis dari UKM Tahfidz ini yaitu 6 buah Al-Qur’an Syauqi bi Famin dan kaset CD yang berisi kajian tafsir tematik.